Perbedaan IP Camera Dan CCTV Analog yang Harus Anda Pahami

 

Perbedaan IP Camera Dan CCTV Analog yang Harus Anda Pahami - Kamera pengawas menjadi salah satu alat keamanan yang bisa diandalkan. Selain itu, alat ini banyak digunakan dikalangan masyarakat baik tempat umum maupun pribadi. Terdapat 2 jenis kamera pengawas yang populer yaitu IP Camera dan CCTV Analog.

Keduanya tetap memiliki kesamaan yaitu merekam video dan dikirim pada perangkat kemudian ditayangkan pada monitor. Namun, masih banyak orang belum bisa membedakan keduanya. Agar tidak bingung lagi, berikut kami paparkan tentang keduanya serta perbedaannya secara lengkap.

Simak artikel ini sampai akhir ya.

Pengertian IP Camera Dan CCTV Analog

CCTV atau kepanjangan dari Closed Circuit Television adalah perangkat yang mengandalkan sinyal analog. Sinyal analog tersebut digunakan untuk mengirim video dari kamera pengawas ke perangkat penerima.

Sedangkan IP (Internet Protocol) Camera adalah jenis kamera vidio digital yang digunakan untuk mengawasi keamanan dan bisa mengirim atau menerima data melalui jaringan komputer dan internet. 

IP Camera ini digunakan pertama kali pada tahun 1996. IP Camera merekam gambar tidak jauh berbeda dengan kamera digital, lalu menempatkan file yang dikirim melalui jaringan. IP Camera juga bisa digunakan melalui jaringan kabel yang terhubung dengan ethernet ke modem router atau secara nirkabel melalui router wifi.

  • Adapun perbedaan IP Camera dan CCTV Analog sebagai beriku:
  • CCTV adalah camera analog menggunakan output sinyal analog PAL atau NTSC.
  • Bisa langsung dihubungkan ke TV
  • Untuk merekam biasanya menggunakan VCR (Video Cassete Recorder)
  • Camera >DVR > LAN sedangkan IP Camera > LAN

Bagian-bagian IP Camera

  • Seperti pada umumnya IP Camera memiliki lensa untuk memfokuskan objek
  • Sensor gambar seperti CCD ATAU CMOS, gunanya sebagai mengubah cahaya ke sinyal listrik
  • Compresi gambar serta prosesor pengolah gambar
  • Microcomputer dan ethernet
  • Input Output port, berguna sebaga pengontrol lensa seperti fokus, zoom, menggerakkan kamera, dan yang lainnya
  • Input audio berguna untuk menangkap suara

Jenis-jenis IP Camera

  • Dome IP Camera
  • Fix IP Camera
  • PTZ IP Camera

Dasar Jaringan IP Camera 

IP Camera pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan alat yang terhubung dengan jaringan komputer. Persamaannya yaitu sama-sama harus punya alamat IP.

Rekomendasi IP Camera Terbaik

Tak bisa dipungkiri bahwa banyak orang yang sudah memilih IP Camera dibandingkan CCTV. IP camera lebih canggih dengan menggunakan teknologi terbaru. Berikut kami rekomendasikan beberapa IP Camera yang bisa Anda beli:

IPC2122LR3-PF40

IP Camera ini adalah produk dari Univiwe. Harganya yang sangat terjangkau namun tetap memberikan kualitas terbaik seperti mampu merekam video dengan resolusi 1080p. Harga IP Camera ini dibanderol dengan harga Rp285.000.

Perbedaan IP Camera Dan CCTV Analog yang Harus Anda Pahami

Smart Mini Camera 

Rekomendasi IP Camera selanjutnya adalah produk dari Baco. Ukurannya mini dengan magnetic bracket memiliki portabilitas yang tinggi sehingga penggunaan IP Camera ini lebih luas.

Uniknya, Anda bisa menempelkan IP Camera ini di mobil atau sepeda Anda. Di Shopee Ip Camera ini dibanderol dengan harga Rp275.000.

Perbedaan IP Camera Dan CCTV Analog yang Harus Anda Pahami

YI Home Camera 3

Rekomendasi yang terakhir yaitu YI Home Camera 3 yang didesain khusus dengan magnet dibawahnya, dengan begitu kamera ini bisa menempel pada tempat yang tersedia logam. Bukan hanya itu saja, tapi kamera ini bisa ditaruh dimana saja.

Kelebihannya lagi bisa menjangkau suara dalam jarak 4,7 meter. Produk ini di shopee dibanderol dengan harga RP349.000.

Perbedaan IP Camera Dan CCTV Analog yang Harus Anda Pahami

Nah, itu dia tentang Perbedaan IP Camera Dan CCTV Analog. Saatnya Anda putuskan untuk menggunakan yang mana. Semoga bermanfaat!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url