Penyebab Gagal Pada Saat Pengisian Token Listrik

 

Penyebab Gagal Pada Saat Pengisian Token Listrik

Penyebab Gagal Pada Saat Pengisian Token Listrik - PLN mempunyai 75,7 juta orang pelanggan dengan pelanggan tipe prabayar atau token sudah mencapai lebih dari 40 juta orang pelanggan. PLN berupaya mengubah pelanggan pascabayar menjadi listrik prabayar.

Teknologi kelistrikan semakin berkembang dengan penggunaan meteran tipe digital yang akurat. Teknologi lainnya adalah jenis listrik prabayar atau sering di sebut juga dengan token listrik/pulsa menjadi sebuah solusi yang tepat untuk PLN dan pelanggan PLN.

Ada beberapa keunggulan dari sistem kelistrikan prabayar ini, salah satunya pelanggan dapat mengatur sendiri kebutuhan listrik sesuai dengan kebutuhannya sehingga dapat menjadi sarana penghematan dalam penggunaan energi listrik di rumah. Selain itu, penggunaan token listrik dapat di katakan lebih murah karena kontrol pengguna.

Pengguna listrik prabayar dapat membeli Token Listrik pada gerai terdekat atau menggunakan aplikasi Fastpay dengan mudah dan cepat untuk menambah listrik di rumahnya agar tidak terjadi pemadaman karena kehabisan token listrik.

Table Of Content(toc)

Hal-hal Yang Menyebabkan Pengisian Token Listrik Gagal

Dalam hal ini, mungkin juga ada masalah teknis di lapangan saat menambahkan Kwh listrik ke meteran. Berikut ini merupakan beberapa masalah teknis yang sering di temui pada saat pengisian token listrik ke dalam meteran dan solusinya.

Server PLN Error

Setiap meteran digital PLN memiliki ID unik dan nomor meteran unik yang terhubung ke server PLN. Jika gagal dalam mengisi token karena server error, kita hanya dapat menunggu sampai perbaikan dari PLN selesai dan server kembali normal. Setelah server normal, kita masukkan token listrik kembali ke meteran di rumah.

Jangan sampai salah ID meter, ID meter tiap pelanggan itu unik dan token yang telah di beli nyambung ke ID meter, kalau salah urutan dan dinyatakan valid oleh server bisa jadi token tidak bisa masukkan ID meter. Pastikan pada saat membeli token sesuai dengan ID meter agar pengisian token PLN tidak gagal.

Meteran Terblokir Karena Salah Memasukkan Kode Token Listrik

Anda harus lebih berhati-hati pada waktu memasukkan sebuah kode token pada meteran setelah Anda membeli token karena jika salah sampai tiga kali, meteran Anda akan di blokir secara otomatis. Jadi pastikan saat memasukkan kode token harus benar. Perhatikan baik-baik kode token pada struk pembelian sebelum memasukkannya. Jika meteran macet, Anda harus segera menghubungi Call 123 atau menghubungi PLN terdekat untuk solusi perbaikan.

Meter Prabayar Bermasalah

Error pada meteran listrik prabayar bisa di deteksi dengan melihat layar meteran, jika tulisan Terblokir, gambar telapak tangan, Centang, Batal bahkan meteran mati, maka sebaiknya segera hubungi PLN 123 dan jelaskan kondisinya, karena jika tidak , anda pasti tidak akan pernah bisa mencharge token PLN.

Instalasi Listrik Yang Buruk

Pemasangan instalasi listrik dapat menimbulkan masalah tersendiri, selain kegagalan memasukkan kode token hal ini dapat menimbulkan resiko yang berbahaya seperti korsleting listrik yang dapat menyebabkan kebakaran. Jika mengalami hal tersebut sebaiknya segera menghubungi petugas PLN terdekat. Melakukan perbaikan pada instalasi listrik dengan baik, seperti kabel yang digunakan, pemasangan grounding, menggunakan alat listrik standar SNI, dll.

Kwh Over Limit

Ternyata isi token listrik ada batasnya selama satu bulan. Jika KwH yang di masukkan melebihi batas maksimal dalam waktu sebulan, sebuah token PLN akan gagal pada saat di masukkan. Hal ini di terapkan PLN agar pengguna menggunakan listrik sesuai batasan yang ada. Dengan menggunakannya sesuai batasan yang ada, pengguna bisa belajar berhemat.

Demikian ulasan tentang Penyebab Gagal Pada Saat Pengisian Token Listrik semoga bermanfaat.


Next Post Previous Post
1 Comments
  • rini novianti
    rini novianti April 11, 2022 at 3:08 PM

    Thank you for the information...
    Please visit our web :
    IT TELKOM JAKARTA
    IT TELKOM JAKARTA

Add Comment
comment url