Macam-Macam Komponen Elektronika Dan Fungsinya

 

Macam-Macam Komponen Elektronik Dan Fungsinya

Macam-Macam Komponen Elektronika Dan Fungsinya - Teman-teman yang ingin mengenal lebih jauh tentang elektronika harus mengetahui dulu apa itu komponen elektronika dan fungsinya. Tanpa pengetahuan ini, Anda akan sangat menyesal nantinya karena Anda telah mempelajari elektronik tetapi Anda tidak tahu, misalnya seperti apa bentuknya, dan apa fungsinya.Oke pada pembahasan kali ini kita akan mencoba membahas tentang Komponen Elektronika dan fungsinya.

Macam-Macam Komponen Elektronika Dan Fungsinya

Resistor

Hambatan listrik pada suatu penghantar dilambangkan dengan huruf R, hambatan adalah suatu komponen yang di desain untuk mempunyai besar hambatan tertentu dan disebut juga dengan resistor. Rumusnya adalah sebagai berikut:

  • R = V/I

di mana :

  • R = Resistansi dalam Ohm
  • V = Tegangan dengan satuan Volt
  • I = Arus dalam Ampere

Beberapa kategori resistor adalah resistor linier dan resistor non-linier. Resistor linier merupakan sebuah resistor yang bekerja menurut hukum Ohm sedangkan resistor non linier adalah sebuah resistor yang nilainya berubah karena kepekaan tertentu (peka cahaya, peka panas, peka tegangan).

Macam-Macam Komponen Elektronik Dan Fungsinya

Kapasitor

Kapasitor adalah sebuah komponen yang berfungsi untuk menyimpan muatan listrik yang terbentuk dari dua permukaan yang dihubungkan tetapi dipisahkan oleh isolator. Kapasitor adalahsebuah komponen elektronika yang berfungsi untuk menyimpan sebuah arus listrik dalam bentuk suatu muatan. 

Kapasitor pada dasarnya terbuat dari sebuah pelat berbahan logam yang sejajar satu sama lain dan di antara kedua logam tersebut terdapat bahan isolator yang sering disebut dielektrik.Fungsi kapasitor dalam rangkaian elektronika biasanya sebagai berikut :

  • Kapasitor sebagai sebuah kopling, di lihat dari sifat dasar kapasitor yaitu arus ac bisa dilewatkan dan arus DC tidak dapat dilewatkan, dapat digunakan untuk memisahkan 2 rangkaian dc yang tidak saling berhubungan tetapi tetap terhubung ac (sinyal), artinya suatu kapasitor berfungsi sebagai penghubung atau penghubung antara 2 rangkaian yang berbeda.
  • Kapasitor sendiri berfungsi sebagai sebuah filter dalam rangkaian power supply, yang saya maksud di sini yaitu kapasitor sebagai filter riak, di sini sifat dasar kapasitor adalah dapat menyimpan muatan listrik yang berfungsi untuk memotong tegangan riak.
  • Kapasitor sebagai pemindah fasa.
  • Kapasitor sebagai pembangkit frekuensi pada rangkaian osilator.
  • Kapasitor juga digunakan untuk mencegah percikan api pada sakelar.
Macam-Macam Komponen Elektronik Dan Fungsinya


Transistor

Transistor merupakan suatu komponen elektronika yang dipakai sebagai penguat, sebagai pemutus dan penyambung (switching), stabilisasi tegangan, modulasi sinyal atau sebagai fungsi lainnya. 

Transistor berasal dari bahasa transfer yang berarti transfer dan resistor yang berarti isolator. Jadi pengertian dari transistor bisa di kategorikan sebagai perpindahan atau peralihan suatu bahan semi konduktor menjadi penghantar pada temperatur tertentu.

Fungsi dari transistor bermacam-macam, dapat juga berfungsi sebagai kran listrik, yang berdasarkan arus input (BJT) atau tegangan input (FET), memungkinkan aliran listrik yang sangat akurat dari rangkaian sumber listrik.

Tegangan pada salah satu terminal misalnya Emitter bisa di gunakan untuk mengatur arus dan tegangan yang lebih besar dari arus masukan Base yaitu pada tegangan keluaran dan arus pada keluaran Kolektor. Transistor pertama kali di temukan oleh beberapa orang yaitu William Shockley, John Barden, dan W.H Brattain pada tahun 1948. Dan mulai di gunakan dalam praktek pada tahun 1958. Transistor ada 2 jenis yaitu transistor tipe P – N – P dan transistor tipe N - P – N.

Macam-Macam Komponen Elektronik Dan Fungsinya

Demikian ulasan tentang Macam-Macam Komponen Elektronika Dan Fungsinya semoga bermanfaat.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url