Ketahui Tentang Komponen Pasif Dan Komponen Aktif Elektronika

 

Ketahui Tentang Komponen  Pasif Dan Komponen Aktif Elektronika

Ketahu Tentang Komponen  Pasif Dan Komponen Aktif Elektronika - Komponen elektronika adalah sebuah alat atau benda yang menjadi suatu bagian penunjang suatu rangkaian elektronika yang bisa bekerja sesuai dengan kegunaannya. Komponen elektronika tersebut terdiri dari beberapa material elektronik yang terdiri dari satu atau berbagai elemen material. 

Supaya rancangan rangkaian yang di inginkan dapat berfungsi sesuai dengan fungsi masing-masing komponen ada yang mengatur arus dan tegangan, level arus, isolasi arus, penguatan sinyal arus dan banyak fungsi lainnya.

Apa Itu Komponen Pasif dan Komponen Aktif Elektronika

Ada tiga macam komponen elektronika yang sudah di kenal pada kalangan seorang ilmuwan dan teknisi, yaitu komponen aktif, komponen pasif, dan komponen pendukung. Adapun yang tergolong komponen aktif transistor, dioda, dan integrated circuit (IC). Komponen aktif hanya dapat bekerja atau berfungsi bila di suplai dengan daya eksternal. Sedangkan yang termasuk komponen pasif adalah Resistor, Kapasitor, Induktor, dan Transformer.

Pengertian Komponen Pasif

Komponen pasif adalah komponen elektronika yang tidak dapat (dengan sendirinya) menghasilkan tegangan atau arus. Dengan kata lain, komponen pasif adalah komponen yang dapat bekerja tanpa suatu daya. Komponen pendukung adalah komponen pelengkap yang tidak harus ada, seperti sakelar, konektor, sekering, relai, dan sebagainya.Berikut akan kami jelaskan tentang Komponen Pasif Dan Komponen Aktif elektronika.

Komponen Pasif

Resistor

Resistor adalah sebuah komponen elektronika yang didesain mempunyai dua kutub yang nantinya dapat dipakai untuk menahan arus listrik ketika tegangan listrik mengalir di antara kedua kutub tersebut. Resistor biasanya banyak digunakan sebagai suatu bagian dari rangkaian elektronika. Tak hanya itu, komponen yang satu ini juga paling sering digunakan di antara komponen lainnya. 

Untuk menggunakan resistor dengan baik kita perlu mengetahui beberapa hal seperti bahan pembuatan, nilai resistansi [dinyatakan dalam Ohm (Ω), kiloohm (kΩ), atau megaohm (MΩ)], toleransi (dinyatakan sebagai maksimum dan penyimpangan minimum yang diizinkan dari resistor). nilai yang dinyatakan), peringkat daya/pengosongan (yang harus sama dengan atau lebih besar dari disipasi daya maksimumnya), kebisingan dan perilakunya pada frekuensi tinggi.

Ketahui Tentang Komponen  Pasif Dan Komponen Aktif Elektronika

Kapasitor

Kapasitor adalah sebuah alat yang digunakan untuk menyimpan muatan listrik. Aplikasi yang umum termasuk mengumpulkan kapasitor dan menyaring kapasitor yang digunakan dalam catu daya, mencampur sinyal ac antara tahap penguat, dan memisahkan sinyal dalam catu daya (dengan kata lain secara efektif menanamkan catu daya untuk sinyal.

Ketahui Tentang Komponen  Pasif Dan Komponen Aktif Elektronika

Komponen Aktif

Dioda

Dioda adalah salah satu komponen aktif yang di hasilkan dari pertemuan antara bahan semikonduktor tipe-P dan tipe-N. Komponen ini memberikan sebuah resistansi yang relatif rendah terhadap aliran arus dalam satu arah dan resistansi yang sangat tinggi pada arah yang berlawanan. Karakteristik ini memungkinkan dioda untuk digunakan dalam aplikasi yang membutuhkan rangkaian untuk merespon secara berbeda sesuai dengan arah arus yang mengalir di dalamnya.

Ketahui Tentang Komponen  Pasif Dan Komponen Aktif Elektronika

Transistor

Transistor adalahsebuah komponen elektronika yang sangat penting dalam dunia elektronika modern. Pada rangkaian analog, transistor digunakan pada penguat (amplifier). Sirkuit analog termasuk sebuah pengeras suara, sumber daya stabil (stabilisator) dan penguat sinyal radio. Dalam sirkuit digital, transistor digunakan sebagai sakelar berkecepatan tinggi.

Ketahui Tentang Komponen  Pasif Dan Komponen Aktif Elektronika

Integrated Circuit (Ic)

Sirkuit terpadu (IC) adalah batang kompleks yang dibuat di atas irisan kecil silikon. Sirkuit terpadu dapat berisi 10 sampai lebih dari 100.000 perangkat aktif (transistor dan dioda). Bahkan di dalam beberapa aplikasi khusus (seperti amplifier tingkat tinggi), sirkuit terpadu sudah menggantikan hampir seluruh sirkuit diskrit konvensional.

Ketahui Tentang Komponen  Pasif Dan Komponen Aktif Elektronika

Demikian ulasan tentang Ketahu Tentang Komponen  Pasif Dan Komponen Aktif  Elektronika semoga bermanfaat.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url