Komponen-Komponen CCTV Dan Fungsinya

 

Komponen-komponen CCTV dan fungsinya - CCTV atau Closed Circuit Television adalah teknologi pengawasan 24 jam tanpa henti. CCTV berguna untuk melindungi interior dan eksterior bisnis atau sesuatu milik Anda. Namun, tahukah Anda tentang komponen-komponen CCTV?

Komponen-Komponen CCTV Dan Fungsinya

CCTV tak hanya seperti yang Anda lihat pada toko, depan rumah, gang hingga pemberhentian lampu merah. CCTV juga memiliki banyak komponen dengan fungsinya sendiri-sendiri. Untuk lebih jelasnya, Yuk, kita bahas satu persatu secara rinci. Simak artikel ini sampai akhir ya.

1.Kamera 

Kamera yang digunakan pada CCTV adalah kamera digital dengan desain khusus agar tahan kondisi lingkungan atau objek sekitar. Komponen yang satu ini tentu memiliki peran yang penting yaitu menangkap informasi objek yang kemudian diteruskan pada komponen DVR. Kamera merupakan komponen yang paling dekat dengan objek yang diawasi. 

2.Digital Video Recorder (DVR)

Komponen yang kedua adalah Digital Video Recorder yaitu tempat yang menjadi pusat pengolahan sistem data CCTV. Setiap CCTV pasti memiliki komponen yang satu ini. 

Fungsinya ialah menyimpan secara khusus setiap informasi yang dikirim oleh kamera CCTV di dalam storage. Informasi tersebut akan ditayangkan pada monitor, baik digital maupun analog.

3.Monitor 

Seperti monitor pada umumnya, monitor pada CCTV juga berfungsi sebagai penampil hasil pemantauan kamera. Jenis monitornya bisa seperti tabung, LCD, CTR hingga LED. 

Monitor menerima informasi dari Digital Video Recorder (DVR) dan kemudian ditampilkan secara visual. Hebatnya, sekarang satu monitor saja sudah bisa menampilkan beberapa pantauan kamera. 

4.Kabel khusus CCTV

Komponen yang keempat adalah kabel khusus yang biasanya di gunakan pada sistem jaringan CCTV, yaitu kabel coaxial dan kabel power. Kabel tersebut berguna untuk menyalurkan supply daya listrik terhadap seluruh komponen yang lain. 

Kabel power khusus berguna untuk menyalurkan listrik secara terpusat, lalu disalurkan pada kamera CCTV. Sedangkan kabel Coaxial adalah penghubung antara kamera pengawas dengan sinyal video.

5.Storage

Komponen-komponen CCTV yang kelima ini adalah tempat penyimpanan khusus informasi yang dikirim DVR. Jenis penyimapanannya juga beragam, bisa harddisk, SSD, Nas, dan Cloud. 

Storage berfungsi untuk menyimpan video secara baik, dan bisa dilihat jika sewaktu-waktu Anda ingin melihatnya kembali.

6.Power Supply

Power supply adalah komponen yang tugasnya menyediakan dan menyalurkan tegangan listrik pada kamera agar CCTV bisa berfungsi dengan baik. Tegangan yang dialirkan berupa tegangan DC 12 V, sehingga satu power supply saja bisa menghidupkan 4-12 kamera CCTV.

Namun, setiap merek CCTV memiliki power supply yang berbeda-beda ya. Ada yang menggunakan tegangan DC 12 Volt,DC 5 Volt, dan DC 24 Volt.

7.Konektor RF

Komponen yang terakhir adalah konektor RF. Komponen ini biasanya menjadi penghubung pada ujung kabel coaxial. Memiliki fungsi sebagai koneksi antara kamera CCTV dan DVR. CCTV agar berfungsi dengan baik dibutuhkan 2 konektor, yaitu BNC dan DC.

Konektor BNC (Bayonet Neil Concelman) biasanya digunakan untuk kabel data. Sedangkan konektor DC untuk power CCTV.

Demikianlah komponen-komponen CCTV yang sangat penting. CCTV bisa bekerja dengan baik jika antar komponennya saling besinergi. Semoga bermanfaat!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url