5 Jenis-Jenis Spare Part Motor dan Fungsinya Yang Harus Anda Tahu

5 Jenis-Jenis Spare Part Motor dan Fungsinya Yang Harus Anda Tahu - Bagi Anda pencinta kendaraan roda dua, pastinya sudah tidak asing dengan jenis-jenis spare part motor dan fungsinya. Tapi fakta dilapangan berbeda, banyak orang yang belum mengetahui spare motor yang dicintainya.

Agar tidak tambah bingung, pada artikel kali ini kami akan mengupas tuntas jenis-jenis spare part pada sepeda motor beserta fungsinya. Hal ini perlu Anda ketahui agar tidak mengalami kesulitan saat melakukan modifikasi terhadap kendaan roda dua anda.

Simak baik-baik pembahasan ini ya.

Jenis-jenis Spare Part Motor Dan Fungsinya

Mungkin selama ini Anda mengandalkan bengkel pinggir jalan untuk memperbaiki motor Anda. Apalagi dengan harga murah namun kualitasnya belum tentu terjamin. Tenang saja, sebentar lagi Anda akan tahu spart motor yang harus diperhatikan agar tidak menghabiskan banyak uang ketika ke bengkel. 

1.Ban motor

Ban adalah bagian umum yang paling banyak dikenal orang. Bentuknya bulat besar tentu saja banyak yang mengenalinya. Ban memiliki fungsi sebagai titik tumpu dari sepeda motor. Sepeda motor tidak akan berjalan tanpa adanya ban.

Bicara tentang ban, ada 2 jenis ban yang bisa Anda temui di pasaran atau toko otomotif yaitu ban biasa dan ban tubles. Untuk ban dengan kualitas terbaik biasanya bertahan dalam jangka 1-2 tahun. Sedangkan ban yang biasa itu pemakaiannya lebih singkat daripada ban dengan kualitas baik.

Segeralah ganti ban jika sudah mencapai masa itu karena memaksa tetap menggunakannya bisa mengakibatkan masalah serius seperti ban pecah di tengah jalan, bahkan terjadinya kecelakaan.

5 Jenis-Jenis Spare Part Motor dan Fungsinya Yang Harus Anda Tahu

2.Aki motor

Jenis spare part motor yang kedua adalah aki motor. Aki motor adalah komponen yang tak kalah penting. Oleh karena itu, Anda harus merawatnya dengan baik untuk mencegah kerusakan dalam waktu singkat. Lakukanlah pengecekan terhadap aki secara berkala.

Fungsi aki motor ialah sebagai penyalur daya untuk menghidupkan motor serta sebagai simpanan tenaga untuk keperluan yang lain seperti aksesoris kelistrikan dan mesin motor.

5 Jenis-Jenis Spare Part Motor dan Fungsinya Yang Harus Anda Tahu

3.Oli motor

Jenis-jenis spart motor dan fungsi berikutnya adalah oli motor. Seperti yang Anda tahu, oli berguna untuk pelumas mesin agar tetap bekerja secara optimal dan ringan. Sebaiknya Anda menggunakan oli motor yang bagus agar meminimalisir kerusakan mesin motor.

Terlebih lagi, jika Anda sering menggunakan sepeda motor untuk perjalanan jauh. Jangan mudah tergiur dengan harga murah namun kualitasnya tidak baik. 

5 Jenis-Jenis Spare Part Motor dan Fungsinya Yang Harus Anda Tahu

4.Lampu motor

Spare part berikutnya adalah lampu motor. Lampu motor tentunya berfungsi sebagai penerangan, apalagi kalau malam hari. Spare part satu ini terhubung langsung dengan aki motor. Jadi, jika penerangan lampu sudah agak redup. Sebaiknya Anda memeriksa keadaan aki motor.

5 Jenis-Jenis Spare Part Motor dan Fungsinya Yang Harus Anda Tahu

5.Rantai motor

Rantai motor juga memiliki peran yang tak kalah penting yaitu sebagai penggerak motor. Jika rantai tak bergerak dengan baik, maka ban sepeda motor juga tidak akan bergerak dengan baik. Hal ini juga berkaitan dengan oli yang Anda beli, karena oli sebagai pelumas rantai motor tentunya. 

Semua bagian sudah saling berhubungan, untuk keamanan dan kenyamanan semua spare part motor. Sebaiknya Anda pilih merek oli yang bagus dan selalu cek rantai motor.

5 Jenis-Jenis Spare Part Motor dan Fungsinya Yang Harus Anda Tahu

Nah, itu dia Jenis-Jenis spare part motor dan fungsinya yang harus Anda tahu. Karena dengan mengetahuinya banyak sisi manfaat yang bisa Anda dapatkan. Sebetulnya, masih banyak lagi bagian spare part motor yang belum kami sebutkan, komponen diatas kami ambil yang paling utama. Semoga bermanfaat!

 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url