Tips Memilih Genset Yang Baik

 

Tips Memilih Genset Yang Baik

Tips Memilih GensetYang Baik - Sebelum masuk ke pembahasan tentang Tips Memilih Genset Yang Baik, terlebih dahulu kita akan membahas kegunaan genset. Mungkin banyak yang belum mengetahui pentingnya genset dalam kehidupan sekarang ini.Hal ini dikarenakan kebutuhan mereka telah terpenuhi dengan sumber daya listrik sehingga mereka masih unggul dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Namun bagaimana jika listrik tidak dapat digunakan atau saat terjadi pemadaman listrik secara tiba-tiba?Mungkin kita bisa duduk diam dan menunggu listrik menyala kembali.Di saat seperti itu, tentu ada hal yang dirugikan, yaitu “waktu”.Disinilah peran genset menjadi hal yang paling krusial.Genset mampu menggantikan energi listrik Anda jika terjadi pemadaman listrik secara tiba-tiba.

Oleh karena itu genset lebih banyak ditemukan di perusahaan besar, instansi, pemerintahan, rumah sakit, pabrik, bahkan pada usaha kecil.Genset dapat membantu menjaga keefektifan pekerjaan dan usaha yang anda miliki agar hasil yang didapat tidak berkurang karena ketiadaan listrik.Kembali ke pembahasan awal.

Apa Saja Tips Memilih Genset Yang Baik? Berikut Ulasannya:

Sesuaikan Jenis Genset Dengan Kebutuhan Anda

Hal ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda untuk menggunakan tipe silent atau open.Jika lokasinya berada di lahan yang memungkinkan Anda menghasilkan suara bising seperti pabrik, maka Anda bisa memilih tipe genset terbuka.jika lokasi Anda membutuhkan ketenangan seperti perkantoran dan rumah sakit, maka Anda menggunakan genset dengan tipe silent.

Tentunya keduanya memiliki harga yang berbeda sesuai dengan kebutuhannya.Generator senyap lebih mahal daripada tipe terbuka karena generator senyap membutuhkan lebih banyak perangkat untuk mengurangi kebisingan yang mereka hasilkan.

Sesuaikan Daya Generator Dengan Kebutuhan Anda

Genset memiliki berbagai tingkat daya yang sesuai dengan kebutuhan Anda.Besaran daya generator untuk rumah tangga dan bisnis tentunya memiliki perbedaan karena listrik yang digunakan juga cenderung memiliki perbedaan yang jauh.Oleh karena itu, penting untuk menyesuaikan kebutuhan energi listrik Anda dengan jumlah daya generator yang dibutuhkan.

Pilih Genset Dengan Daya Lebih Tinggi

Genset yang tersedia di pasaran memiliki berbagai macam daya seperti 500 watt, 1000 watt, 1200 watt dan sebagainya. Pilih daya yang paling sesuai dengan kebutuhan listrik Anda dalam keadaan darurat.

Perhatikan Bahan Bakar Genset

Bahan bakar utama untuk genset adalah bensin, solar atau gas.Genset dengan kapasitas besar, umumnya menggunakan bahan bakar solar. Bahan bakar ini perlu Anda perhatikan agar tidak mengisi bahan bakar yang salah pada  genset.

Memahami Cara Menghidupkan Genset

Biasanya penghidupan genset dilakukan dengan dua cara yaitu starter seperti motor atau recoil yang harus diengkol atau ditarik menggunakan tuas. Genset dengan starter umumnya hanya terdapat pada genset dengan kapasitas daya hingga 4000 watt.

Memiliki Garansi Suku Cadang

Pastikan juga untuk membeli genset di toko atau tempat yang sudah menyediakan suku cadang atau spare part, sehingga ketika genset rusak tidak perlu bingung mencari suku cadang genset.

Pilih Jenis Suara Genset

Genset juga memiliki dua jenis suara yang berbeda, yaitu lembut dan tidak terlalu keras sehingga tidak akan mengganggu Anda saat dinyalakan, dan umumnya berukuran lebih besar dan lebih mahal. namun dari segi harga jauh lebih murah dan ukurannya kecil sehingga cocok untuk digunakan di perumahan atau rumah tangga.

Memiliki Layanan Pelanggan

Sebelum memilih genset, pastikan juga bahwa tempat yang akan Anda beli genset tersebut memiliki layanan vendor atau customer service, sehingga Anda bisa bertanya-tanya seputar genset agar dapat digunakan dengan baik dan benar.

Tentukan Anggaran

Tentukan juga budget atau batasan harga genset yang bisa anda beli agar nantinya memudahkan anda saat membeli genset dan juga lebih fokus pada genset yang ingin anda beli.

Memiliki Konektor Listrik

Agar ketika membeli genset dapat digunakan saat sumber listrik utama di rumah Anda mati, maka pastikan Anda memiliki konektor listrik di rumah ke jaringan sistem kelistrikan rumah Anda. Untuk itu anda harus bertanya kepada orang yang benar-benar mengerti tentang perangkat penyambungan, karena proses pemasangannya harus dilakukan dengan sangat hati-hati karena jika tidak, akan terjadi kerusakan pada sistem jaringan listrik di rumah atau orang-orang di sekitar anda.

Menghitung Kebutuhan Tenaga Listrik

Setelah kita melakukan tips pertama, tips kedua pastikan bahwa dasar penghitungan daya listrik tidak sama persis dengan yang terpasang di rumah Anda. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kita harus bersiap jika terjadi hal-hal darurat terkait kebutuhan mesin di masa mendatang.

Oleh karena itu, untuk kelancaran kebutuhan listrik Anda, sebaiknya tingkatkan daya genset yang akan Anda beli. Minimal 20% - 30% agar ketersediaan listrik tetap terpenuhi. Lebih khusus lagi, mari kita hitung jumlah daya yang Anda butuhkan jika ada beberapa item atau ketika Anda sudah mengetahui daya listriknya.

Pahami Cara Kerjanya

Sebelum menyalakan, pastikan genset berada di area terbuka atau di luar rumah.Setelah itu pastikan bahan bakar terisi dan tidak tercampur dengan kotoran atau air.Perhatikan juga roda dan penyangga genset agar posisinya rata.

Hal ini dikarenakan adanya getaran pada genset saat beroperasi sehingga beresiko memindahkan posisi mesin genset itu sendiri.Untuk mengoperasikannya, genset dengan kapasitas yang lebih besar seperti diatas 2.500 watt umumnya sudah menggunakan starter. Di sisi lain, genset dengan kapasitas kurang dari 2.500 watt masih menggunakan metode recoil.

Pilih Genset Berdasarkan Kualitas Dan Layanan Purna Jual

Salah satu faktor penting dalam membeli genset adalah memahami kualitas genset, kemudahan servis, dan garansi produk. Informasi mengenai pembahasan dan review produk genset juga banyak tersedia di dunia maya, sehingga memudahkan Anda untuk menilai produk dan merk genset yang ingin Anda beli.

Selain itu, pastikan garansi yang Anda dapatkan adalah garansi toko, garansi distributor, atau garansi resmi pemegang merek. Kedepannya, garansi jenis ini akan sangat menentukan proses klaim ketika terjadi masalah pada produk genset yang telah dibeli.

Daya Pembangkit

Hitung kapasitas listrik Anda secara akurat dan detail kebutuhan untuk gedung, rumah dan kegiatan usaha. Antisipasi dengan memilih genset yang 10% lebih besar dari daya listrik yang tersedia di tempat Anda.

Garansi

Garansi adalah hal yang penting tetapi kebanyakan orang tidak terlalu peduli betapa pentingnya itu.

Tipe Genset

Secara umum generator dibagi menjadi dua jenis yaitu silent generator dan open generator.Jenis genset mana yang lebih baik?Keduanya bagus, tetapi masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.Genset senyap digunakan saat aktivitas ramai, sebaliknya jika di ruangan tertutup seperti gudang atau tempat terpencil bisa menggunakan genset terbuka.

Generator Yang Efisien

Efisien juga merupakan salah satu hal yang penting, memilih genset yang ekonomis dapat menghemat uang yang seharusnya dikeluarkan agar dana genset dapat dihemat untuk keperluan lain.

Vendor Layanan

Pastikan untuk membeli genset murah berkualitas dengan pelayanan maksimal.Karena yang terpenting adalah penggunaan genset, bukan saat membeli, melainkan service setelah pembelian, jadi misalnya genset yang digunakan bermasalah, vendor bisa langsung melayani keluhan Anda.

Suku Cadang

Genset yang Anda beli pastinya memiliki suku cadang yang tersedia di tempat Anda membelinya, terutama genset yang berskala besar.Misalnya jika genset membutuhkan perawatan, Anda bisa langsung menghubungi vendornya.

Demikian ulasan artikel ini tentang  Tips Memilih Genset Yang Baik semoga bermanfaat, terimakasih.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url