Pengertian Kapasitor AC

 

pengertian kapasitor AC

Pengertian Kapasitor AC - Kali ini saya akan membahas tentang kapasitor AC. Pada AC biasanya terdapat dua buah kapasitor yaitu kapasitor kompresor dan fan. Namun, bukan hanya pada AC,kapasitor juga biasa kita temukan pada barang-barang elektronik yang memiliki dinamo.

Pengertian Kapasitor AC dan Fungsinya

Nah di artikel kali ini saya akan membahas pengertian,fungsi serta ukuran kapasitor berdasarkan kapasitas AC.

Pengertian Kapasitor

Kapasitor merupakan komponen yang dapat menyimpan arus listrik sementara,dengan cara mengumpulkan ketidakseimbangan internal dari muatan listrik.

Fungsi Kapasitor Pada AC

Fungsi dari kapasitor yaitu untuk membantu start awal pada kompresor. Secara teori fungsi kapasitor sebagai penggeser fase, dengan cara menghubungkannya secara seri dengan lilitan yang di namakan lilitan starting.

Itulah sebabnya kenapa kompresor AC besar atau motor listrik tidak menggunakan capasitor,karena listriknya 3 fase. Kalaupun menggunakan kapasitor,fungsinya bukan sebagai starting,tapi hanya memperbaiki faktor daya,yang kita kenal dengan shunt capasitor.

Ukuran Kapasitor Tidak Sesuai Kapasitas AC

Penyabab kerusakan kompresor AC biasanya di sebabkan oleh ukuran kapasitor yang tidak sesuai dengan kapasitas AC. Contoh AC yang 1 PK yang menggunakan kapasitor 30 micro farad. Semakin kecil nilai kapasitor,semakin kecil pula muatan listrik yang bisa dia simpan. Seperti yang sudah kita bahas kalau fungsi dari kapasitor untuk membantu start awal kompresor.

Jadi apabila kapasitor yang kita gunakan terlalu kecil,kompresor tidak dapat start atau hanya mendengung. Namun,kompresor tetap mengkonsumsi arus listrik yang besar. Alhasil kompresor akan overheat dan jika di biarkan dalam waktu yang lama lilitan yang ada di dalam kompresor akan putus. Begitu pun jika ukuran kapasitor terlalu besar.

Cara mengetahui Kelayakan Kapasitor

Untuk mengetahui apakah kapasitor masih bagus atau sudah rusak,ada 2 cara. Yaitu dengan melihat fisik kapasitor dan menggunakan multimeter.

Cara yang pertama

  • Ciri-cirinya biasanya di bagian bawah kapasitor sudah gembung atau biasanya juga bagian atas kapasitor akan mengeluarkan cairan. Nah itu artinya kapasitor sudah tidak bisa di gunakan.

Cara yang kedua

  • Pastikan sudah tidak ada muatan listrik di dalam kapasitor,dengan cara menghubungkan kedua kaki kapasitor. Hal ini di lakukan agar tidak terjadi kerusakan pada multimeter.
  • Selanjutnya putar selector multimeter pada posisi 20K. Lalu tempatkan kedua probe multimeter ke masing-masing kaki kapasitor. Apabila pada display multimeter muncul nilai hambatan dan kemudian hilang,artinya kapasitor masih baik.
  • Tapi jika pada display multimeter tidak terlihat nilai apapun artinya kapasitor sudah rusak.
Pengertian Kapasitor AC

Ukuran Kapasitor Sesuai Kapasitas AC

  • 1/2 - 3/4 PK = 15 - 20 Micro Farad
  • 1 PK = 25 - 30 Micro Farad
  • 1,5 PK = 35 Micro Farad
  • 2 PK = 40 - 45 Micro Farad
  • 2,5 PK = 50 Micro Farad
  • 3 PK = 60 Micro Farad

Itu tadi pembahasan mengenai Pengertian Kapasitor AC. Semoga bisa bermanfaat dan sampai jumpa di pertemuan selanjutnya.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url