Memahami rumus dasar segitiga daya listrik

 

Memahami rumus dasar segitiga daya listrik

daengteknik.com - Di artikel kali ini saya akan mengajarkan tentang segitiga daya,segitiga daya ini banyak di pelajari oleh orang-orang yang bekerja di bidang listrik baik itu anak SMK,teknisi listrik,anak kuliahan maupun para enginer-enginer listrik,nah saya akan menjelaskan rumus dasar dan nama daya yang ada pada segi tiga daya.

Jadi pada segi tiga daya ada 3 buah daya yaitu S daya semu dengan satuan VA(Volt Amper),P daya aktif dengan satuan Watt dan Q daya reaktif dengan satuan daya VAR(Volt Amper Reaktif),untuk masing-masing daya tersebut juga memiliki rumus yang berbeda-beda,yang pertama saya akan menjelasakan rumus dasar pada tegangan 1 phase 220 volt kemudian rumus tegangan 3 phase dengan tegangan 380 volt.

Baca juga : Rumus mencari arus listrik atau amper

Apa itu daya aktif,daya semu dan daya reaktif

Sebelum kita ke rumusnya saya akan menjelaskan terlebih dahulu secara singkat apa itu daya aktif,daya semu dan daya reaktif.

Daya Aktif

Daya aktif atau daya nyata adalah daya yang di gunakan untuk mengkonversi energy listrik menjadi energi lainnya,contoh energi listrik menjadi energi cahaya,energi listrik menjadi energi gerak,nah daya inilah yang sekarang kita gunakan di rumah kita untuk menghidupakan peralatan elektronik.

Daya Reaktif

Daya reaktif adalah daya yang di gunakan untuk pembangkitan flugs magnetik atau biasa di sebut daya imajiner,daya reaktif ini berhubungan dengan barang-barang elektronik yang bersifat induktif seperti motor listrik,semakin banyak perangkat elektronik yang bersifat induktif di gunakan pada sebuah gedung maka semakin besar juga rugi-rugi daya yang di hasilkan sehinggah mengakibatkan terjadinya penurunan faktor daya(cosPhi).

Daya Semu

Daya semu atau daya total adalah penjumlahan daya reaktif dan daya aktif atau perhitungan listrik sebelum di bebani dengan beban-beban listrik,daya semu ini menggunakan perhitungan kuadrat.


Rumus dasar segitiga daya listrik

Jadi sebenarnya segitiga daya ini menggunakan prinsip dasar trigonometri,namun disni saya tidak membahasnya kalian bisa cari referensi lain,Untuk rumus tegangan yang 1 phase dan 3 phase tidak jauh berbeda,yang membedakan hanya ada pada tegangan dan akar 3nya.

Memahami rumus dasar segitiga daya listrik

Keterangan

  • V = Volt/Tegangan
  • I = Arus dalam satuan Amper


Rumus tegangan 1 phase

Daya semu

  • S = V x I

Daya Aktif

  • P = V x I x cosPhi

Kenapa daya aktif harus di jumlahkan dengan cosPhi?karena kalau kita lihat pada gambar segitiga daya di atas daya aktif ada di bawah sudut Phi makanya kita pakai rumus cosPhi

Daya Reaktif

  • Q = V x I x sinPhi

Hampir sama dengan daya aktif,daya reaktif harus menggunakan rumus sinPhi karena daya reaktif ada di hapadan sudut Phi,oke sekarang rumus untuk tegangan 3 phase.


Rumus tegangan 3 phase

Daya semu

  • S = V x I x akar 3

Daya Aktif

  • P = V x I x cosPhi x akar 3

Daya Reaktif

  • Q = V x I x sinPhi x akar 3


Oke itu tadi adalah rumus dasar pada segitiga daya baik itu daya Semu dengan satuan VA(Volt Amper),daya Aktif dengan satuan Watt dan daya Reaktif dengan satuan VAR(Volt Amper Reaktif)

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url