Bagaimana generator listrik bekerja

 

Bagaimana generator listrik bekerja

Bagaimana generator listrik bekerja - tahukah kalian apa itu generator di pembangkit listrik,dan apa saja bagian dari generator,di artikel kali ini saya akan membahas tentang cara kerja generator pembangkit listrik dan komponen-komponennya.

Cara kerja komponen pada generator

Genset adalah bagian dari peralatan yang berfungsi untuk mengubah energi mekanik atau rotasi rotor menjadi energi listrik,ada dua bagian utama dari generator, yaitu stator dan rotor. 

Stator

Stator adalah bagian yang diam,sedangkan rotor adalah bagian yang berputar,stator terdiri dari inti stator atau inti besi,fungsinya adalah sebagai tempat memasang starter coil atau kumparan atau belitan pada stator,inti stator terbentuk dari susunan pelat besi silikon magnetik tipis, dengan ketebalan antara 0,35 dan 0,5 mm yang berbentuk seperti cakram,dimana di bagian sisi dalam di bentuk seperti gigi yang akan membentuk slot tempat pemasangan coil.

Bagaimana generator listrik bekerja
Susunan pelat baja silikon juga di sebut sebagai laminasi,laminasi ini berfungsi untuk mengurangi besarnya eddy current atau kerugian energi listrik yang mengubah menjadi energi panas,kemudian bagian stator winding ini merupakan kumparan selain dapat menghasilkan tegangan yaitu menjadi motor penggerak dengan sistem SRC,winding ini juga menghasilkan medan magnet ketika di injeksikan arus exitasi.
Bagaimana generator listrik bekerja


Rotor

Rotor terdiri dari rotor shaft dengan turbin gas atau turbin uap yang menjadi penggerak utama,kemudian winding atau kumparan pada rotor,pada rotor juga terdapat winding atau kumparan tanpa di lapisi bahan isolation dan menyatu pada poros turbin,fungsinya untuk meneruskan arus dari exiter untuk menghasilkan medan magnet.

Bagaimana generator listrik bekerja

Stator frame

Kemudian pada generator di pasang stator frame,bagian ini dipasang untuk mengikat atau memperkuat stator core frame,materialnya terbuat dari bahan besi silikon nonmagnetik untuk mengurangi terjadinya stray losses,selain itu core frame juga dipasang pemegang untuk ujung kumparan stator,terbuat dari material non metal untuk mengurangi rugi-rugi eddy current.

Bagaimana generator listrik bekerja


FAN

Pada rotor juga terdapat kipas,yang fungsinya sebagai pendingin pada saat operasi,rotor generator akan didukung oleh dua bearing, yaitu di sisi Drive End atau dekat turbin gas dan Non Drive End di dekat sisi Exiter.

Bagaimana generator listrik bekerja


Exiter

Fungsi exiter ini adalah untuk membangkitkan medan magnet pada rotor,prinsip kerja sistem exitasi adalah ketika generator diputar,pada exciter yang memiliki medan magnet permanen pada rotor coilnya akan membangkitkan tegangan AC,listrik AC ini kemudian akan menjadi sumber listrik untuk AVR(Automatic voltage Regulator).

Bagaimana generator listrik bekerja


Pada AVR tegangan AC tersebut akan di atur arusnya untuk kemudian disalurkan ke AC exiter stator coil,arus AC yang mengalir pada stator coli akan menghasilkan arus AC 3 fasa di armature AC coil exiter,tegangan AC ini kemudian di searahkan oleh dioda silikon yang terdapat di rangkaian rotating rectifier menjadi tegangan DC.

Bagaimana generator listrik bekerja

Arus yang dihasilkan oleh rotating rectifier ini kemudian akan disalurkan ke coil rotor  atau kumparan rotor pada generator,pada generator arus exsitasi akan membangkitkan medan magnet pada rotor,karena rotor berputar maka akan menghasilkan induksi medan magnet pada stator.

Sehinggah berdsarkan hukum Faraday,karena perubahan fluks magnetik persatuan waktu maka pada stator akan timbul Gaya Gerak Listrik(GGL) atau GGL induksi,nah GGL inilah yang menjadi energi listrik.

Bagaimana generator listrik bekerja

Kesimpulan

Exiter akan mengalirkan arus eksitasi sehingga rotor generator akan menjadi medan magnet,kemudian medan magnet pada rotor akan menginduksi stator,sehingga stator akan menghasilkan energi listrik.

Demikian penjelasan singkat tentang cara kerja generator listrik,semoga bisa di pahami dan bermanfaat.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url