Rumus mencari arus listrik atau amper

 

Rumus mencari arus listrik atau amper

daengteknik.com - Saya yakin kalian pernah mendapatkan atau mengalami MCB pada rumah kalian trip pada saat menyalakan beberapa barang elektronik,misal kulkas,AC dan pompa air,penyebabnya sebenarnya bisa dari berbagai hal seperti barang elektronik kalian ada konslet,instalasi listrik yang konslet atau kapasitas MCB yang kalian gunakan tidak sesuai dengan daya perangkat elektronik tersebut,nah di artikel kali ini saya akan mengajarakan rumus sederhana mencari amper(arus listrik) 1 phase dan 3 phase.

Baca juga : Pengertian listrik dinamis dan statis

Cara mencari Arus listrik(Amper)

Pertama kita akan mencoba mencari arus listrik dengan tegangan 1 phasa,namun sebelumnya kalian harus mengerti terlebih dahulu prinsip dasar segi tiga daya,untuk lebih jelasnya kalian bisa mempelajarinya di sini.

Pada segi tiga daya terdapat tiga buah daya yaitu S daya semu dengan satuan Volt Amper(VA),Q daya reaktif dengan satuan Volt Amper Reaktif(VAR) dan P daya aktif dengan satuan Wtt,namun daya reaktif jarang sekali di gunakan dalam mencari arus listrik maka dari itu kita fokus pada daya semu dan daya aktif saja,oke langsung saja ke soalnya.

Rumus mencari arus listrik atau amper

Rumus tegangan 1 phase

Misalkan ada sebuah mesin air daya 750 Volt Amper(VA) dengan tegangan 220 volt dan kulkas daya 750 Watt dengan tegangan 220 volt,pertanyaanya MCB berapa Amper yang di butuhkan kedua barang elektronik tersebut ?

Rumus mencari arus listrik atau amper


Keterangan

  • S = Daya Semu dengan satuan Volt Amper(VA)
  • P = Daya Aktif dengan satuan Watt
  • V = Volt
  • I = Arus dengan satuan Amper

Rumus daya semu

  • S = V x I

Jadi rumus untuk mencari arus listrik mesin air adalah

Rumus mencari arus listrik atau amper

Jadi arus mesin air adalah 3,4 amper karena di pasaran tidak tersedia MCB dengan kapasitas 3,4 amper maka kita bulatkan menjadi 4 amper.

Rumus daya aktif

  • P = V x I x cosPi


Kalau kalian tidak mengetahui nilau cosPhinya kita ambil cosPhi standar PLN yaitu 0,85,jadi rumus untuk mencari arus listrik Kulkas adalah,

Rumus mencari arus listrik atau amper

Untuk kulkas arusnya adalah 4 amper,karena kapastias MCB di pasaran hanya ada 2,4,6,10,16 amper dan seterusnya maka kita gunakan MCB yang di atasanya sedikit yaitu 6 amper dan total kapasitas MCB yang harus kita gunakan untuk mesin air dan kulkas adalah 10 Amper.

Mungkin kalian ada yang bertanya kenapa pada daya aktif harus di kalikan dengan cosPhi sedangkan untuk daya semu tidak,kalau kita lihat gambar segi tiga daya di atas posisi daya aktif ada di bawah sudut Pi maka di wajibkan untuk mengkalikan dengan cosPhi.

Rumus tegangan 3 phase

Perbedaan rumus mencari arus 1 phase dengan 3 phase hanya pada tegangan dan akar 3,dimana tegangan 3 phasa adalah 380 volt,sebagai contoh ada sebuah motor listrik daya 20 kW (Kilo Watt) dengan tegangan 380 volt dan sebuah AC daya 20 kVA (Kilo Volt Amper) dengan tegangan 380 volt,maka rumusnya adalah.

Rumus mencari arus listrik atau amper


Rumus daya aktif

  • P = V x I x cosPhi x akar 3

Mencari arus motor listrik rumusnya adalah.

Rumus mencari arus listrik atau amper

jadi arus motor listrik 3 phase adalah 38 Amper.

Rumus daya semu

  • S = V x I x akar 3

Rumus mencari arus AC adalah

Rumus mencari arus listrik atau amper

Sesuai perhitungan di atas maka arus untuk AC adalah 30 Amper.

Baca Juga : Dari mana listrik itu berasal dan bagaimana proses listrik bisa sampai ke rumah kita

Kesimpulan

Setelah kita mengetahui berapa arus yang di butuhkan masing-masing perangkat elektronik di atas kita bisa menyimpulkan bahwa daya dengan satuan Watt berbeda dengan daya dengan satuan VA(Volt Amper),jadi sebenarnya daya listrik yang ada pada meteran listrik kita yang di berikan oleh PLN di hitung dalam satuan VA(Volt Amper) bukan Watt.

Sedangkan peralatan elektronik yang kita gunakan seperti lampu,kipas angin,mesin cuci dll menggunakan daya dengan satuan Watt,mengapa demikian?nah di sinilah daya reaktif di gunakan,untuk lebih jelasnya kalian bisa baca di sini.

Oke itu tadi rumus sederhana cara mencari arus listrik semoga kalian bisa mengerti dengan penjelasan di atas dan bisa bermanfaat ya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url