Transistor fungsi dan jenis serta cara kerjanya

transistor-fungsi

Transistor fungsi dan jenis serta cara kerjanya,selamat datang kembali di Daeng Teknik,di artikel kali ini saya akan membahas salah satu komponen elektornika yang bisa di bilang komponen ini cukup penting dalam sebuah rangkain elektronika,jika kalian pernah membongkar perangkat elektronik seperti TV,Amplifier,Komputer dll,pastinya kalian sering menemui komponen ini.

Oke langsung saja kita ke pembahasan.

Jadi yang pertama,saya akan membahas sedikit sejarah tentang transistor.

Sejarah transistor

Sebelum transistor di kembangkan awalnya orang-orang menggunkan Vacuum Tube pada rangkaian elektronik,karena bentuknya yang lumayan besar dan membutuh daya cukup besar untuk mengaktifkannya,maka di kembangkanlah transisitor ini.

Transistor ini di kembangkan pada tahun 1947 oleh tiga orang ilmuwan asal Amerika Serikat yang bernama John bardeen,William Bradford Shockley dan Walter Houser Brattain,semenjak saat itu perangkat elektronik sudah dikembang menggunkan transistor dan perlahan menggantikan Vacuum Tube.

transistor-fungsi


Apa itu transistor ?

Transistor adalah komponen semiconductor yang bersifat aktif,dimana dia akan bekerja ketika di aliri arus listrik.

Fungsi transistor

Transistor adalah komponen elektronik kecil dengan dua fungsi utama,yaitu sebagai saklar elektronik dan sebagai penguat sinyal pada rangkaian elektronik,namun transistor juga kadang digunakan sebagai mixer atau osilator.

Semiconductor material charasteristic
transistor-fungsi


Jenis transistor

Ada beberapa jenis transistor dengan karasteristiknya masing-masing,tapi pada umumnya semua transistor memiliki 3 kaki dengan nama yang berbeda-beda.

  • BJT (Bipolar Junction Transistor)
  • MOSFET (Metal Oxide Semiconductor Field Effect Transistor)
  • JFET (Junction Field Effect Transistor)
  • UJT (Uni Junction Transistor)
transistor-fungsi


Di artikel kali ini saya hanya akan fokus menjelaskan transistor jenis BJT saja,mungkin di artikel selanjutnya saya akan membahas jenis-jenis transistor yang lain.

BJT (Bipolar Junction Transistor)
Transistor jenis bipolar di bagi lagi menjadi 2 kategori yaitu transistor NPN(Negatif-Positif-Negatif) dan PNP(Positif-Negatif-Positif) dan mempunyai tiga kaki, dimana masing-masing kakinya dinamai dengan E singkatan dari Emitor,C singkatan dari Collector dan B singkatan dari Basis,perbedaan dari transistor PNP dan NPN ada pada BIAS atau Polaritasnya.
transistor-fungsi

Perbedaan transistor type NPN dan transistor type PNP.

Yang saya maksud dengan Bias atau Polaritasnya jika kita lihat gambar di atas pada transistor type NPN,tanda panahnya mengarah ke kaki Emitor,sebenarnya tanda panah tersebut adalah dioda yang di pasang di dalam transistor,kita tahu fungsi dioda adalah sebagai penyearah untuk lebih jelasnya kalian bisa baca disini.

Jadi untuk mengaktifkan transistor tersebut kaki Basis harus di aliri catu daya positif yang akan menuju kaki Emitor,jika di beri catu daya negatif maka akan di blokir oleh dioda yang ada di dalam transistor dan transistor tidak akan aktif,jika kita sudah tahu catu daya positif mengalir dari kaki Basis menuju kaki Emitor bisa di simpulkan kalau kaki Basis adalah positif sedangkan kaki Collector dan kaki Emitor adalah negatif,jika di baca dari atas ke bawah atau dari kaki Collector maka sudah betul transistor tersebut type NPN.

Untuk transistor type PNP sebenarnya kebalikan dari transistor type NPN,bisa di lihat dari panahnya yang mengarah ke kaki Basis,yang artinya untuk mengaktifkan transistor type NPN kaki Emitor harus di aliri catu daya positif,jika demikian maka kaki Emitor adalah positif,kaki Basis adalah nagatif dan kaki Collector adalah positif.

Untuk mengetahui type pada transistor kalian bisa menggunakan Multitester analog yang sudah ada fitur pengecekan type transistor atau kalian bisa langusng lihat di datasheetnya.

Cara kerja transistor sebagai saklar

transistor-fungsi

Kita anggap rangkaian di atas menggunkan transitor yang terbuat dari silicon,kalau kita lihat pada tabel semiconductor material charasteristic yang ada di atas,pada baris silicon tertulis 0.71 untuk junction forwardnya yang artinya untuk mengaktifkan transistor tersebut membutuhkan minimal 0.71volt.

Coba perhatikan gambar rangakaian di atas dimana transistor yang digunakan type NPN jadi untuk mengaktifkannya harus menggunakan catu daya positif,jadi sesuai dengan type transistor yang di gunakan,positif pada battery 1 menuju ke kaki Basis pada transistor,karena junction forward transistor ini hanya 0.71volt maka battery 1.5volt sudah lebih dari cukup untuk mengaktifkan transistor,dengan begitu arus yang besar bisa mengalir dari kaki Collector ke kaki Emitor dilihat dari battery 2 yang nilainya 5volt.

Rangkaian di bawah ini tidak jauh berbeda dengan rangkaian di atas,yang membedakan hanya type transistor yang digunakan,dimana kaki Basis membutuhkan catu daya negatif untuk mengaktifkan transistor.


transistor-fungsi



Jika kalian bertanya seberapa besar arus yang bisa mengalir melalui kaki Collector ke kaki Emitor,jadi di transistor ada yang namanya Hfe atau perbandingan antar Ic dan Ib dimana Ic adalah arus yang mengalir dari kaki Collector ke kaki Emitor sedangkan Ib adalah arus yang mengalir dari kaki Basis ke kaki Emitor,jadi jawabannya arus yang bisa mengalir dari kaki Collector ke Emitor tergantung arus yang mengalir dari kaki Basis ke kaki Emitor.

Jika di analogikan kira-kira seperti ini Ib adalah pintu air dan Ic adalah airnya,semakin besar pintu air di buka maka semakin banyak pula air yang bisa mengalir.


transistor-fungsi


Itu tadi fungsi,jenis,cara kerja dan sedikit sejarah tentang transistor,semoga kalian tidak bingung dan semoga di artikel kali bisa menambah wawasan kalian mengenai komponen elektronika.

Sampai jumpa di artikel selanjutnya.
Next Post Previous Post
1 Comments
  • Unknown
    Unknown March 19, 2022 at 7:00 PM

    Air Jordan 6'9 Double-Edge Razor - Jordan6Retro
    Compare prices and find an amazing price 해외야구 for cheap retro jordans the Air Jordan 6 Retro Air Jordan 6'9 great air jordan 17 shoes Shipping Online Double-Edge Razor. (United States) at a low price. Compare the Wholesale jordan 13 retro Sale top-rated brands

Add Comment
comment url