Fungsi dioda,jenis,simbol serta cara kerjanya

 

fungsi-dioda
Fungsi dioda,jenis,simbol serta cara kerjanya,di artikel kali ini saya akan menjelaskan komponen elektronika yang bernama Dioda,bisa dibilang komponen ini ikut berpartisipasi dalam perkembangan teknologi hingga saat ini,hampir semua barang-barang elektronik modern di dalamnya terdapat komponen ini.

Bentuknya juga bermacam-macam ada yang bentuknya seperti transistor,ada yang seperti capasitor ada juga yang bentuk seperti IC.

Pengertian Dioda

Dioda adalah komponen semiconductor yang bersifat aktif,yang artinya komponen ini akan akan aktif jika di aliri tegangangan tertentu,pada umunya dioda di kenal sebagai penyearah pada suatu rangkaian elektronik namun masih banyak fungsi-fungsi dioda,tergantung jenisnya.

Baca juga : Jenis,Fungsi dan cara kerja transistor

Fungsi Dioda

  • Sebagai penyerarah
  • Sebagai sensor
  • Sebagai penstabil tegangan
  • Sebagai sensor cahaya
  • Sebagai pengalih atau pengganda frequensi radio
  • dan masih banyak lagi fungsi-fungsi lainnya.

Jenis-jenis Dioda

Generic dioda biasa di gunakan sebagai penyearah sinyal AC,contoh pada adapator yang di dalamanya terdapat beberapa komponen elektronika salah satunya adalah dioda,dimana input yang berupa arus bolak balik akan di ubah menjadi arus searah oleh dioda.
fungsi-dioda



Dioda Zener jenis dioda ini biasa digunaka pada rangkaian regulator dimana selain penyearah dia juga bertugas sebagai penstabil tegangan,pendeteksi tegangan dan pembatas sinyal input.
fungsi-dioda



LED(Light Emitting Dioda) LED juga termasuk jenis dari dioda,LED biasa di gunakan sebagai indikator pada sebuah perangkat elektronik,bahkan sekarang LED juga di gunakan sebagai sebagai monitor pada TV atau videotron/jumbotron,LED disusun sedemikian rupa sehinggah berbentuk seperti monitor.
fungsi-dioda



Dioda Photo salah satu fungsi dari dioda photo adalah sebagai sensor,dimana dia akan mendeteksi cahaya dan mengubahnya menjadi aliran listrik,dioda photo dapat mendeteksi cahaya infra red,ultra ungu dan sinar-x.
fungsi-dioda



Dioda Step Recovery dioda jenis ini bergungsi sebagai pengalih dan pengganda frequensi radio
fungsi-dioda



Dioda Bridge dioda ini fungsinya sama dengan dioda generic yaitu hanya sebagai penyearah,yang membedakan hanya bentuknya dan kekuatannya,dioda bridge biasa digunakan pada perangkat elektronik yang mengkonsumsi arus besar seperti charger Accu
fungsi-dioda



Dioda Schotty dioda ini bentuknya hampir mirip transistor,fungsi dari dioda ini biasa digunakan pada rangkain frequensi radio atau swtiching.
fungsi-dioda



Dioda Varactor jenis dioda ini memiliki kapasitansi yang dapat berubah-ubah sesuai tegangan yang di berikan,dioda ini biasa di gunakan sebagai filter frequensi radio.
fungsi-dioda



Dioda Laser fungsi dioda ini sebagai pemancar suatu gelombang radiasi koheren melaui proses pemancaran testimulasi,dioda ini sering di gunakan pada perangkat elektronik seperti jet printer dan DVD.
fungsi-dioda



Simbol-simbol Dioda

fungsi-dioda


Cara kerja dioda sebagai penyearah

fungsi-dioda

Gambar di atas adalah contoh rangkain dioda sebagai penyearah,ada 4 buah dioda yang disusun secara seri dengan battery 12volt sebagai input dan DC voltmeter sebagai indikator,(+) pada battery masuk di antara D1 dan D2  dan keluar di antara D1 dan D3 sedangkan,(-) battery masuk di antara D3 dan D4 dan keluar di antara D2 dan D4,sehinggah jika polaritas dari input di balik maka output tidak akan terbalik,gambar di bawah ini ketika polaritas battery di balik.

fungsi-dioda

Perhatikan nilai pada DC voltmeter dan polaritas battery,walapun polaritas battery di balik nilai yang ada pada DC voltmeter tetap +11.2,yang artinya output rangkaian di atas tidak terbalik,positif tetap positi dan negatif tetap negatif.


fungsi-dioda

Perhatikan arah arus pada dioda,arus mengalir dari kaki Anoda ke kaki Katoda,jika di balik maka arus akan di blokir,jika di analogikan kira-kira seperti gambar di bawah ini.
Digambar 1 air mengalir dari kiri ke kanan dan mendorong katup sehingga air bisa mengalir,sedangkan gambar 2 air mengalir dari arah sebaliknya sehinggah katup akan tertutup dan memblokir aliran air.


fungsi-dioda

Dioda bisa mengalirkan arus ketika tegangan mencapai 0.7volt,sebelum mencapai 0.7volt arus tidak bisa mengalir,ini untuk dioda yang tebuat dari silikon,material yang digunakan dioda juga ada bermacam-macam,ada dioda yang terbuat dari silikon,ada dari germanium,ada germanium arsenic,tapi yang paling banyak di gunakan adalah dioda yang terbuat dari silikon.

fungsi-dioda

Jenis dioda yang umum di gunakan pada perangkat elektronik adalah

  • Generic Dioda
  • Dioda Zener
  • Dioda Bridge
  • Dioda Photo
  • LED

Cara mengukur dioda menggunakan multitester analog

fungsi-dioda


Yang pertama kita akan cari tahu apakah dioda ini masih normal atau tidak

  1. Pastikan multitester kalian sudah di kalibrasi
  2. Putar selector pada skala x1 ohm
  3. Tempatkan probe multitester yang berwarna merah pada kaki Katoda dan probe yang berwarna hitam pada kaki Anoda
  4. Jika jarum pada multitester menunjuk angka 8  - sampai 10ohm artinya dioda tersebut masih normal,tapi jika jarum multitester menunjuk angka 10ohm ke atas maka dioda sudah lemah atau sudah tidak normal.
  5. Untuk catatan pengukuran ini harus pada saat terlepas dari PCB atau tidak terhubung dengan komponen lain.

Selanjutnya kita akan mencari tahu apakah dioda ini masih bagus atau sudah rusak sama sekali

fungsi-dioda


  1. Putar selector multitester pada skala 10 kilo ohm
  2. Tempatkan probe merah ke kaki Anoda dan probe hitam ke kaki Katoda
  3. Perhatikan jarum pada multitester harusnya jarum tidak bergerak sama sekali,ika jarum bergerak walaupun sedikit artinya dioda sudah short atau rusak.
  4. Sekarang tempatkan probe merah ke kaki Katoda dan probe hitam ke kaki Anoda harusnya jarum multitester bergerak full ke atas,jika jarum tidak bergerak sama sekali artinya dioda tersebut sudah putus atau rusak.

Catatan : Untuk dioda bridge atau dioda yang umum di gunakan pengukurannya hampir sama semua.

Itu tadi pengertian,fungsi dan cara kerja dari dioda,semoga bisa dipahami dan mohon maaf jika ada penjelasan yang tidak sesuai.

Sampai jumpa di artikel selanjutnya.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url